Tuesday, 15 August 2017

Ini Dia Informasi Gaji Guru PNS Yang Wajib Anda Ketahui
BERITAPNS.COM--Bicara masalah gaji Guru tidak akan ada habisnya, karena masalah gaji ini sangat fundamental dan mendasar bagi seorang pns tanpa terkecuali. Oleh karena itu kami akan membahas sedikit tentang beberapa informasi penting mengenai Gaji Guru PNS.

Rumor tentang akan adanya kenaikan gaji PNS pada tahun 2017 ternyata salah. Kabar terbaru mengungkapkan bahwa pada tahun 2017, tidak ada kenaikan gaji PNS. Kementerian Keuangan tidak akan menambah besaran anggaran belanja pegawai dalam RAPBN 2017. Hal ini berarti kenaikan gaji untuk PNS tidak akan terjadi.

Askolani selaku Direktur Jenderal Anggaran  Kementerian Keuangan mengungkapkan bahwa kebijakan untuk tidak menaikkan gaji PNS ini sama seperti pada tahun 2016 lalu. Hal ini dilakukan karena pemerintah sedang melaksanakan efisiensi dan juga penghematan anggaran negara. Pada intinya, kebijakan tidak menaikkan gaji ini sama dengan kebijakan pada tahun 2016.

Meskipun tidak ada kenaikan gaji, pemerintah akan memberikan gaji ke-14 atau yang disebut dengan THR. Para PNS tetap menerima gaji bulanan sebanyak 12 kali dalam setahun. Lalu, gaji yang ke-13 adalah gaji tunjangan. Sementara gaji yang ke-14 adalah gaji THR yang jumlahnya sebesar gaji pokok tanpa adanya tunjangan.


Alasan pemerintah tidak menaikkan gaji PNS adalah untuk mengantisipasi besaran beban pesiuna yang akan dibayar negara di masa yang akan datang. Pemerintah masih melakukan riset apakah dana pensiun masih cukup efektif untuk ke depannya atau tidak. Yang pasti, tahun 2017 ini dipastikan tidak ada kenaikan gaji PNS.

Sementara itu, Agur Barnas selaku Deputi VII Menko Polhukam Bidang Koordinasi, Komunikasi, Informasi, dan Aparatur mengatakan bahwa upaya kenaikan gaji PNS baru akan dilakukan pada 2018 nanti. Besaran gaji PNS pada tahun depan bisa mencapai Rp 14 juta per bulannya. Adanya kenaikan gaji PNS ini diharapkan akan diimbangi juga dengan perbaikan kinerja PNS. Gaji guru PNS 2017 memang belum seberapa, tetapi semoga di tahun depan gaji guru PNS bisa lebih baik.

Daftar Gaji Guru PNS 2017

Untuk saat ini, gaji guru PNS 2017 berbeda-beda sesuai dengan golongannya. Untuk PNS Golongan I, gajinya berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000. Untuk PNS Golongan II, gajinya mencapai Rp 1.900.000 sampai dengan Rp 3.600.000. Untuk PNS Golongan III, gajinya antara Rp 2.400.000 sampai dengan Rp 4.500.000. Terakhir, gaji PNS golongan IV antara Rp 2.400.000 sampai dengan Rp 5.600.000. Nominal ini adalah besaran gaji pokok, belum termasuk tunjangan yang lain.

Informasi yang harus Anda ketahui sebagai calon PNS atau yang menduduki jabatan PNS, gaji yang akan Anda terima untuk tahun 2017 ini sudah disesuaikan dengan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Gaji guru PNS 2017 disesuaikan dengan UU tersebut. Pada UU tersebut, diatur bahwa setiap PNS hanya akan menerima gaji sebanyak 3 komponen saja, yaitu gaji pokok, gaji tunjangan kinerja, dan juga biaya kemahalan.

Gaji Pokok merupakan gaji sesuai profesi PNS di daerahnya masing-masing. Gaji ini termasuk gaji tunjangan untuk anak-istri. Gaji tunjangan kinerja merupakan penghasilan yang diberikan pada capaian kinerja untuk setiap tahunnya. Sementara penghasilan biaya kemahalan akan ditetapkan sesuai daerah regionalnya masing-masing.

Model gaji sesuai dengan UU ASN tersebut memang akan segera diberlakukan pada 2017 ini. Akan tetapi, kapan waktu pemberlakuannya masih menunggu keputusan dari peraturan pemerintah. Pada prinsipnya, penetapan penghasilan sesuai UU ASN ini akan mulai dilaksanakan pada tahun 2017.

Untuk memahami hal-hal terkait PNS, ada baiknya para calon PNS atau mereka yang baru menjabat sebagai PNS memahami Undang-Undang Aparatur Sipil Negara. Hal-hal terkait gaji, tunjangan, dan lain-lain dijelaskan lengkap dalam UU tersebut.


Sumber: pnsdanguru.info

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga ada manfaatnya bagi rekan-rekan PNS guru semuanya.

Monday, 14 August 2017

Hari Pramuka Diperangati pada tanggal 14 Agustus, ini sejarahnya

Hari pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus, yaitu hari ini. dikarenakan pertama kali pramuka secara resmi diperkenalkan kepada rakyat indonesia pada tanggal 14 agustus 1961. pramuka bukan hanya diperkenalkan di Jakarta saja, tapi diseluruh indonesia.

saat pertama kali diperkenalkan, di Jakarta saat itu ada sekita 10.000 anggota gerakan pramuka mengadakan apel besar. yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile didepan presiden dengan berkeliling jakarta.

sebelum kegiatan pawai, presiden melantik anggota mapinas, kwarnas dan kwarnari di istana negara. dan presiden juga menyampaikan anugrah tanda penghargaan kehormatan berupa panji gerakan kepanduan nasional indonesia berdasarkan keppres no 448 tahun 1961. yang diberikan kepada ketua kwartir nasional (kwarnas) Sri Sultan Hamengkubowono IX sebelum pawai dilakukan.

dikutip dari wikipedia.com sebelum menggema di indonesia, pramuka telah berkembang di Inggris lewat pembinaan remaja oleh Lord Robert Baden Powel. powel dikenal mempunyai pengalaman yang banyak dan berpengaruh dalam kepramukaan. seperti pengalaman mengalahkan kerajaan zulu di Afrika. kemampuan berenang, berkemah, berlayar dan bertahan di alam liar seperti yang ditulisnya di dalam buku Aids to Scouting.


buku yang ditulis powel kemudian menjadi paduan bagi tentara muda Inggris. dan juga menyebar cepat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

gerakan kepramukaan di Indonesia dimulai dengan berdirinya Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang kemudian berubah menjadi Nederlands Indische Padvinders. Pada 1916, didirikan oleh S.P Mangkunegara VII di tanah air, tanpa campur tangan dari Belanda.

Organisasi itu diberi nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO) dan merupakan organisasi kepanduan yang pertama di tanah nusantara. Lahirnya JPO menjadi penyemangat berdirinya organisasi kepanduan lain di Indonesia pada saat itu.

Kehadiran Gerakan Pramuka di Indonesia mendapat tempat penting di Indonesia bertolak pada ketetapan MPRS No. II/ MPRS/ 1960. Presiden Sukarno memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana merdeka pada 9 Maret 1961. Amanat itu untuk lebih mengefektifkan kepanduan sebagai komponen penting dalam pembangunan bangsa. sehingga Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA, yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka di Indonesia.

Sunday, 13 August 2017

Presiden Jokowi Janji Naikkan Gaji PNS, Dengan Syarat...
BERITAPNS.COM-- Tahun 2018 tinggal 4 bulan lagi, harapannya akan ada kenaikan Gaji PNS sangat dinanti-nanti oleh rekan-rekan pns semuanya. Karena semenjak tahun 2016-2017 belum ada kenaikan gaji pns lagi. Presiden berjanji akan menaikan gaji pns tahun 2018 dengan syarat sebagai berikut.


"Presiden Janji kalau ekonomi tumbuh 6 persen atau mendekati 7 persen, gaji dan tunjangan gubernur, walikota, bupati, serta PNS akan dinaikkan," kata Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo.

Seperti diketahui, tahun ini pemerintah memutuskan untuk tidak memberi kenaikan gaji pokok PNS yang setiap tahun biasanya mengalami kenaikan. 

Namun pemerintah memutuskan memberikan gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) sebesar satu bulan gaji dengan tujuan agar beban APBN dalam membayar uang pensiun tidak semakin besar. 

Namun pemberian THR PNS sebagai ganti kenaikan gaji pns ini tidak pernah disetejui oleh mayoritas PNS karena pemberian THR tidak bisa mewakili kenaikan Gaji PNS," kalo gaji 14 itu satu bulan dan uangnya habis untuk belanja lebaran, sedangkan inflasi naik terus menerus dari bulan-kebulan berikutnya. Harga barang tidak pernah mau turun" kata seorang PNS yang tidak mau disebut namanya. 

Tjahjo mengungkapkan, saat ini gaji PNS masih terbilang kecil. Gaji Bupati dan Walikota saja hanya berkisar Rp6,5 juta - Rp7 juta per bulan. "Bahkan, gaji pokok seorang gubernur tidak sampai Rp10 juta per bulan," ujarnya.

Saat ini, kata Tjahjo, pemerintah tengah berupaya keras menggenjot pertumbuhan ekonomi hingga ke level 7 persen sampai 2019.

Namun Tjahjo berharap kenaikan gaji tidak perlu menunggu pertumbuhan ekonomi bisa mencapai tujuh persen. Tjahjo berharap pada tahun 2018, kenaikan gaji dan tunjangan bisa kembali dilakukan.

Karena kenaikan gaji pokok akan lebih membantu PNS dari pada pemberian THR, alasan anggaran sudah tidak jadi masalah karena penerimaan pns baru kan tidak pernah dilakukan lagi tentunya PNS yang pensiun tiap tahun akan mengurangi anggaran negara. Jadi Besar harapan para PNS pada tahun 2018 nantinya Gaji PNS akan dinaikan.
Masih Temui Kendala pada NIK dan KK Saat Mendaftar CPNS? Sampaikan Keluhan Pada Link Berikut
BERITAPNS.COM-- Berbagai masalah dihadapi oleh para pelamar cpns 2017, seperti kendala pada NIK dan KK. Namun anda tidak perlu khawatir ada solusinya dari BKN. Baca info selengkapnya dibawah ini.
Humas BKN, Sejak pendaftaran online lewat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN dibuka pada 1 Agustus 2017, persoalan nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK) menjadi kendala terbanyak yang dikeluhkan pelamar. Hal itu diketahui dari rekap keluhan/pengaduan pelamar yang disampaikan kepada helpdesk SSCN BKN, baik yang disampaikan dengan datang secara langsung ke kantor BKN maupun melalui telepon dan melalui media sosial BKN. Ketidaksesuaian antara nomor NIK dengan KK berdampak kepada tidak bisanya pelamar melakukan pendaftaran di website https://sscn.bkn.go.id.
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Mohammad Ridwan menjelaskan, “selain itu ketidaksesuaian nama dan tanggal lahir pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) juga menjadi salah satu keluhan pelamar. Diakui beberapa pelamar bahwa data yang disampaikan kepada Dinas Dukcapil sudah tepat namun ketika mereka sudah berhasil mendaftar (belum masuk tahap login, red) muncul data dari database dukcapil yang berbeda dengan data yang terdapat pada KTP yang mereka pegang”.
Merujuk pada informasi Humas Dirjen Dukcapil, pendaftar CPNS yang mengalami kendala serupa dapat langsung menyampaikan permasalahan/pengaduan lewat link berikut:
Wilayah Pusat: http://dukcapil.kemendagri.go.id/detail/halo-dukcapil-layanan-call-center-ditjen-dukcapilkemendagri
Wilayah Daerah: http://dukcapil.kemendagri.go.id/dokumentasi/detail/20/Nomor-HP-dan-WhatsApp-KepalaDinas-Kependudukan-dan-Pencatatan-Sipil-Seluruh-Indonesia.
Kabar Gembira...Kementerian Keuangan Segera Buka Lowongan 7.000 CPNS Usai Dapat Restu PAN-RB
BERITAPNS.COM--Kabar gembira bagi rekan-rekan yang masih menanti CPNS 2017, setelah kemenkumham dan Mahkamah Agung membuka penerimaan CPNS, kini giliran Kementerian Keuangan yang sedang menanti izin Pembukaan cpns 2017.

Informasi Penerimaan cpns kementerian Keuangan (Kemenkeu) 2017.

 Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih menunggu surat resmi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk membuka lowongan sekitar 7.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2017.
Instansi di bawah kepemimpinan Sri Mulyani ini berharap segera mendapat restu tersebut mengingat adanya kebutuhan yang mendesak untuk menambah pegawai baru di lingkungan Kemenkeu.

"Kita ingin secepatnya ya, lebih cepat lebih baik dapat kepastian surat resmi formasinya dari PANRB. Tapi saya yakin satu sampai dua hari ini sudah bisa kami terima dari PANRB," jelas Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Hadiyanto di kantor pusat Ditjen Pajak, Jakarta, seperti ditulis Sabtu (12/8/2017).

Dia menuturkan, proses perekrutan CPNS membutuhkan tahapan yang panjang, mulai dari tahapan administrasi, seleksi, sampai finalisasi.
"Kalau cepat dapat formasinya, kita bisa segera umumkan karena kan penerimaan CPNS butuh persiapan di beberapa kota, proses administrasinya, pemeriksaan berkas, tes, dan lainnya. Apalagi kalau pesertanya membludak, jadi perlu persiapan," jelas Hadiyanto. 

Sebelumnya, Hadiyanto mengatakan, jumlah yang diajukan Kemenkeu ke Kementerian PAN RB sekitar 7.000 CPNS. "Hampir 7.000 lah, karena yang dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) lebih dari 4.000 orang, dan untuk jalur umum sekitar 2.800 orang. Tapi kan ini masih menunggu dari Menteri PAN RB dapatnya berapa," kata dia.
Hadiyanto mengatakan, kebutuhan penambahan pegawai di lingkungan Kemenkeu sebenarnya cukup besar setiap tahun untuk menggantikan PNS yang pensiun maupun mengisi kantor-kantor baru di daerah.
Rencananya, tutur Hadiyanto, jika disetujui menambah sekitar 7.000 pegawai baru, lebih dari 2.000 orang akan ditempatkan di Ditjen Pajak. Selebihnya untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Ditjen Bea dan Cukai, dan disebar untuk bekerja di unit Eselon I Kemenkeu lain.
"Untuk Ditjen Pajak more or less lebih dari 2.000 orang karena kan di Pajak tinggi kebutuhannya. Lalu selebihnya ke Bea Cukai, dan dibagi ke berbagai unit Eselon I Kemenkeu. Ada juga permintaan lulusan STAN untuk bekerja di Kementerian/Lembaga lain," ujar dia.

Sumber: liputan6.com

Demikian informasi mengenai cpns kemenkeu 2017 yang akan segera dibuka ini kami sampaikan kepada rekan-rekan pembaca setia situs berita pns ini.

Saturday, 12 August 2017

Sekarat, seorang pria ingin memancing sebelum meninggal. alasanya....
kisah mengharukan terjadi di perth australia. seorang pasien sekarat yang tinggal di rumah lansia, ingin memancing sebelum meninggal. pendeta yang bekerja di rumah lansia tersebut meminta pertolongan melalui sosial media mengatakan bahwa sang pasien yang bernama chris green merupakan seorang yang hobi memancing di masa mudanya.



chris green merasa bahwa dia sudah berada di ujung usianya dan sebagai permintaan terakhir sebelum wafat dia ingin merasakan kembali bagaimana rasanya memancing. kata pendeta tersebut. namun keadaan kesehataN green yang semakin memburuk menyebabkan dia tidak bisa lagi keluar memancing seperti dahulu kala.

"Karena kesehatannya yang memburuk kami tidak bisa membawanya keluar memancing, dan karenanya kami memutuskan untuk membawa ikan ke rumah perawatan lansia." lanjutnya.

sang pendeta juga mengatakan bahwa sudah banyak yang menawarkan bantuan untuk membantu sang pria yang sekarat tersebut setelah dia memposting iklan yang agak aneh tersebut di internet. dan keluarga sangat berterimakasih atas "Reaksinya luar biasa dan menunjukkan banyaknya sikap positif dalam komunitas." kata Green.

"Perjalanan memancing' itu termasuk menaruh ikan di dalam ember di luar kamar lansia tersebut, dan kail dan umpannya dimasukkan ke dalam ember.

Green mengatakan tindakan ini sangat penting bagi mereka yang mendekati ajal mereka. "Ini berfungsi sebagai tindakan berduka, dan cara untuk mengucapkan selamat tinggal dalam bentuk fisik." kata Green.

"Ini juga memberikan kesempatan untuk melepaskan kegiatan duniawi sama seperti kita mengucapkan selamat berpisah dengan anggota keluarga."

Aneh, tapi tidaklah aneh. menurut Direktur Eksekutif Palliative Care Australia Liz Callaghan mengatakan para perawat kelompok lansia sering mendapat permintaan berkenaan dengan hal terakhir yang ingin dilakukan seorang lansia.

Permintaan itu bisa kunjungan ke pantai atau ingin bertemu anggota keluarga untuk terakhir kalinya. Dia mengatakan proses ini sangat membantu pasien dan juga keluarga serta sanak keluarga mereka. "Ini memberikan kenangan mengenai apa yang terjadi di masa-masa akhir mereka." kata Callaghan.


"Kadang mereka yang ditinggal akan memiliki sesuatu yang akan dijadikan kenangan, seperti lagu kesukaan, atau makanan, sesuatu untuk mengenang orang yang mereka cintai."

Callaghan mengatakan pembicaraan mengenai keinginan terakhir lansia bisa membantu mengurangi misteri mengenai kematian. "Tidak semua orang mau melakukannya, namun besar kemungkinan, bila ada peluang, banyak orang hendak melakukannya." kata Callaghan.

"Pentingnya adanya pembicaraan seperti ini adalah memastikan keinginan terakhir itu dicapai."

Friday, 11 August 2017

Niat Mancing Ikan Biasa Malah Dapat Ikan Hiu dan Makhluk Absurd Beginian - Mancing Liar
mancing di alam liar kita tidak pernah tahu apa yang yang akan nyangkut di kail kita. seperti di sungai, di laut, atau di danau.  apalagi broter yang biasa mancing di kota. paling banyak ikan yang nyangkut dengan berat 1kg sampai dengan 5 kg. kalau lagi beruntung mancing di alam liar terkadang ada yang bisa sampai 50 kg. seperti teman kita di video berikut. tapi jika lagi sialnya, terkadang hanya kantong kresek atau sandal plastik yang memakan umpan.


Frilled Shark


 
Makhluk mirip belut ini ditemukan di Samudera Pasifik dan Atlantik. Frilled Shark ini punya gigi tajamdan bikin wajahnya kelihatan ganas dan seram. Hewan yang satu menyerang mangsanya kayak ular. Untungnya, makhluk ini jarang ditemukan orang karena biasanya ada di perairan bagian dalam.

Chimaera Shark 


Mau dilihat dari angle manapun hewan yang satu ini tetap bakal kelihatan jelek dan serem banget. Giginya yang aneh dan lubuang hidungnya yang gede banget, bikin siapa aja yang ngeliatnya jadi merinding dan takut. Untungnya hewan ini juga jarang muncul di perairan dangkal.

Pacific Viperfish


Makhluk yang satu ini nggak kalah absurd bentiknya. Lihat aja tuh mulutnya, lebar banget. Nggak cuma itu aja, giginya juga tajam banget. Cukup kal cuma mau bikin kamu berdarah. Yang lebih mengerikan lagi, ikan yang satu ini juga cepet banget renangnya.

Ikan marah

Ikan yang bentuknya nggak kalah mengerikan itu ditemukan oleh Roman Fedorstov. Entah apa namanya, yang pasti giginya serem banget.

Ikan keji

Ini adalah makhluk aneh lainnya yang pernah ditemukan oleh Roman Fedorstov. Hewan yang satu itu juga punya bentuk yang absurd sekaligus serem. Nggak nyangka ada hewan seseram itu.

Malacosteus Niger

Itu hewan yah? Kirain alien atau robot di film. Bentuknya GJ banget deh. Warna hitam jadi bikin hewan itu kelihatan makin seram. Kabar buruknya lagi, hewan ini hidup di semua perairan di seluruh dunia. Nggak peduli wilayah tropis atau apapun.

Sea Lamprey

Ini adalaha spesies kuno. Ikan ini berenang dengan dinosaurus. Sea Lamprey adalah ikan tanpa rahang dan mirip banget sama belut. Hewan ini adalah parasit dan memakan darah korbannya. Ketemu sama hewan ini adalah bencana besar, bro.

Remora 

Well, hewan yang satu ini nggak seseram yang sebelum-sebelumnya tapi tetap ngeri sih. Namanya adalah Remora atau dikenal dengan nama Shark Sucker. Alur di kepala mereka sebenarnya adalah cakram pengisap yang mereka gunakan buat menempel hiu dan makhluk laut lainnya. Tujuannya sih buat numpang renang aja.