Wednesday, 19 July 2017

Bisakah Anda Pecahkan Teka-Teki Matematika Menghebohkan Ini?


Kilas-berita.com - Info dan kabar menarik untuk anda, Sekarang ini sangat banyak bertebaran "uji kecerdasan" di medial sosial, termasuk Facebook. Apakah kita mengerti cara melakukannya?



Salah satu teka-teki yang dimaksud mensyaratkan para pengguna agar melengkapi beberapa urutan angka dengan pola tertentu.

Menurut para pembuat soal, hanya 1 di antara 1.000 orang yang mampu menemukan dua solusi berbeda untuk soal yang diberikan.

Dikutip dari News.com.au pada Selasa (18/7/2017), soal ujian itu bisa juga membuat para netizen kebingungan mencari cara penyelesaian yang mengharuskan para penjawab berpikir secara tidak biasa – out of the box.

Menurut para pembuat soal dari Go Tumble, "Teka-teki matematika ini tidak semudah yang dikira."

"Walaupun biasanya ada satu jawaban yang benar untuk soal-soal matematika, ada dua solusi lazim yang mengundang perdebatan sengit di seluruh dunia."

Tes yang dimaksud mensyaratkan penjawab melihat suatu aturan yang diterapkan pada baris pertama dan kemudian menerapkan aturan itu pada baris-baris berikutnya.

Jika aturannya benar, penjawab akan bisa meraih hasil seperti yang tertera pada 3 baris pertama, lalu kemudian lanjut menerapkan aturannya ke baris ke-4 dan 5 agar mendapatkan solusi akhir.

Tes itu diunggah ke Wikr dan cukup membingungkan bagi banyak orang. Jadi, coba jawab soal ujian itu agar mendapatkan 2 jawaban yang berbeda.

Cara Penyelesaian Pertama

Pertama-tama, kebanyakan orang setuju bahwa 1 + 4 = 5 tanpa perlu banyak berbantahan.

Mereka kemudian akan melakukan penjumlahan 2 + 5 ke angka 5 dari baris atas agar mendapatkan jawaban ke dua yaitu 12.

Dengan mengikuti logika itu, maka pada baris ke tiga mereka akan melakukan penjumlahan 3 + 6 untuk mendapatkan 9, lalu ditambahkan kepada angka 12 untuk mendapatkan angka 21.

Akhirnya, orang melakukan penjumlahan 8 + 11 dalam persamaan terakhir, dan mendapatkan angka 19. Lagi-lagi, hasil itu ditambahkan ke jawaban sebelumnya (yaitu angka 21) sehingga total akhirnya adalah 40.

Ternyata, itu bukanlah satu-satunya cara memecahkan soal tersebut.

Cara Penyelesaian Kedua

Pembuat teka-teki itu menyebutkan bahwa jelaslah 1 + 4 = 5, tapi angka 5 itu bisa juga diperoleh dengan menambahkan 1 kepada perkalian 4 x 1.

Dengan aturan demikian, maka baris ke dua dijawab dengan menambahkan angka 2 kepada 2 x 5, sehingga mendapat angka 12 seperti diperlihatkan dalam gambar.

Pada baris ke-3, kita menambahkan angka 3 kepada 6 x 3 sehingga mendapatkan angka 21.

Dengan demikian, untuk baris terakhir pada soal itu, orang menambahkan 8 kepada 11 x 8 sehingga mendapatkan jawaban akhir yaitu 96.
Previous Post
Next Post

0 comments: